Senin, 20 Mei 2013

Ayesha Olmunide: Sebuah Agama Adalah Pilihan!

Ayesha Olmunide berasal dari Edinburgh.Ia merupakan seorang model yang bekerja dengan nama aslinya Eunice. Ia memeluk agama Islam pada tahun 2009 ketika sedang belajar di universitas. Ia mengatakan bahwa sebelum memeluk agama Islam, ia adalah seorang Kristen – tetapi keluarganya yang berasal dari barat Afrika mengamalkan Islam dan Kristen. Ia hanya mengenali Islam lebih banyak saat mulai belajar filsafat di universitas.
 
Pada mulanya saya merasa bimbang bahwa Islam mungkin merupakan sebuah agama yang ekstrim. Tetapi setelah belajar Quran, pikiran saya berubah sama sekali. Teori-teorinya mengenai alam dan sains begitu menarik hati dan saya merasa tercerahkan. Anda tidak dapat menjelaskan semua hal dalam cara saintifik, dan Islam membantu saya dalam hal tersebut.
 
Pada mulanya Ayesha memang kesulitan untuk menyesuaikan dirinya sebagai seorang Muslim dengan pekerjaannya sebagai model. Ia mulai dipilih sebagai model pada usia 15 tahun. Ia tampak tomboy.Ia bermain sepakbola dan seorang yang atlit, tetapi karier di dunia fashion semuanya bertolak belakang dengan apa yang ada. Memeluk Islam membuat saya menyadari bahwa betapa kita menilai orang jika masyarakat memikirkan bahwa mereka cantik.
 
Di dalam masjid, muslimah menutup rambut dan memakai pakaian yang sederhana, tidak ada siapa yang akan menilai anda dari bentuk tubuh anda. Pada mulanya ia agak kesulitan untuk menyesuaikan dirinya sehingga seorang Muslimah memberitahu bahwa Islam bukan sebuah agama yang ekstrim, maka jika saya memikirkannya sebagai sebuah agama yang ekstrim, sayalah yang melakukan kesalahan.
 
"Kini saya menutup rambut saya 99 persen dari sebelumnya. Saya tidak lagi ikut photoshoot dengan mengenakan bikini atau pakaian dalam."
 
"Saya juga tidak menetapkan hari untuk ke masjid tetapi saya sering ke sana dan shalat setiap hari. Saya juga akan mendirikan rumah tangga satu hari nanti tetapi saya tidak berpikir akan menikah dengan non-Muslim," Jelas Ayesha.
 
Islam merupakan sebuah agama yang damai tetapi sayangnya terdapat kesalahpahaman serius yang dilakukan oleh Barat untuk merusak citra Islam,utamanya dengan serangan bunuh diri. Membunuh orang yang tidak berdosa merupakan salah satu kejahatan yang terburuk dalam agama. Hukuman yang dikenakan ialah "Barangsiapa membunuh satu orang, sepertinya ia telah membunuh setiap orang yang lahir ke dunia ini dan setiap orang yang akan lahir ke muka bumi ini."
 
Kristen bukan berasal dari Inggris tetapi dari Timur Tengah. Orang-orang Kristen berpindah ke Eropa membawa bersama agama yang mereka anut. Demikian juga dengan Islam, ia juga berasal dari Timur Tengah, orang-orang Islam bermigrasi ke Eropa dan seluruh pelusuk dunia. Hari ini, Britain merupakan masyarakat yang multi-iman dan Muslim juga merupakan salah satu bagian dari masyarakat ini, sama seperti Kristen dan orang yang menganut agama lain. Jika barangsiapa menganggap orang Islam harus pulang ke Timur Tengah, maka untuk bersikap adil, orang-orang Kristen juga harus pulang karena dalam sejarah, tercatat bahwa Britain merupakan sebuah negara penyembah berhala sebelum orang-orang Roma menaklukkan negara ini!
 
Jadi, ketika Islam bukan agama untuk saya, maka tidak ada agama yang layak untuk saya….Tetapi itulah keindahan yang terdapat dalam dunia tempat kita tinggal ini….Setiap orang bebas untuk membuat dan mengambil keputusan mereka sendiri, dan memilih cara hidup yang mereka inginkan. Dalam sebuah dunia yang dipenuhi dengan begitu banyak kebencian; begitu banyak yang patah hati dan begitu banyak orang-orang jahat, betapa hinanya untuk mengkritik dan mengecil-kecilkan seseorang hanya karena moral, etika atau kepercayaan agama mereka berbeda dengan yang kita anut. Jika cara hidup mereka memberikan kebahagiaan pada mereka…… dan mereka tidak melukai orang lain, maka apa hak kita untuk mengkritik mereka.
 
Islam memang sedang berkembang dan berkembang sangat cepat. Islam merupakan agama yang paling cepat berkembang, mengapa? Karena ia memberikanarti lebih banyak tentang kehidupan dari agama-agama lain. Tuhan itu satu, Tuhan tidak punya sekutu, tidak punya anak…. Hanya satu Tuhan, dan Nabi Isa as adalah seorang manusia biasa, beliau juga adalah seorang Nabi, Beliau diutus oleh Tuhan untuk membimbing manusia ke jalan yang benar, bukan kepada dirinya sendiri. Jika seseorang memeluk agama Islam atau sebagainya, janganlah anda melemparkan kata-kata buruk terhadapnya….Ia merupakan pilihan mereka sendiri, bukan pilihan anda, anda tidak bisa menolak seseorang untuk menjadi atheis atau kepada agama-agama lain….Ia merupakan pilihan mereka sendiri.
 
Negara anda mengklaim diri sebagai sebuah negara demokrasi dan rakyatnya punya hak untuk membuat pilihan. Mengapa anda tidak dapat menerima perempuan yang mengenakan hijab atau berdamai dengan agama dari menjadi seorang yang arogan atau penentang agama. (IRIB Indonesia / londonschoolofislamics.org.uk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar