Senin, 12 Desember 2011

Ismail Wieslaw Zejieski, Sosiolog, Reformer, dan Tokoh Masyarakat Polandia

"Islam, Agama Paling Sempurna"
Karena kebebasan yang diberikan oleh ayahnya yang atheis, membuat Ismail Wieslaw Zejieski berpikir bebas. Meski pendidikan dan lingkungannya sejak kecil tidak mengenalkan pada Islam, tetapi atas hidayah Allah, melalui beberapa penelitian akhirnya dia menemukan jalan menuju al-Islam. Berikut kisahnya.

SAYA lahir di Krakov, Polandia pada tanggal 8 Januari 1900 dan keluarga bangsawan Polandia. Ayah saya walaupun beliau seorang atheis, cukup toleran terhadap anak-anaknya untuk mengikuti pelajaran agama pada gereja Katolik Roma yang dianut oleh sebagian besar bangsa Polandia.

Ibu saya juga memeluk agama Katolik. sejak usia anak-anak, saya sudah biasa menghargai agama dan saya yakin bahwa agama itu unsur penting dalam kehidupan seseorang dan masyarakat.

Kenyataan kedua, di rumah kami, ayah saya sejak masih muda sering bepergian ke negara-negara Eropa. Beliau sering menceritakan pengalaman-pengalamannya kepada kami yang menimbulkan kesan suasana internasional pada jiwa kami sehingga soal-soal kebangsaan, kedaerahan, dan kebudayaan itu tidak memberatkan pikiran saya. Bahkan, saya selalu merasa bahwa tanah air saya itu adalah dunia seluruhnya.


JALAN TENGAH
Kenyataan ketiga ialah dalam rumah kami ada semangat "jalan tengah". Ayah saya walaupun beliau seorang keturunan keluarga aristokrat, beliau tidak menghargai permainan kelas-kelas yang tidak dapat dibuktikan dan membenci segala macam bentuk paksaan atau dictatorship dalam bentuk apa pun.

Beliau juga tidak menyetujui kegiatan-kegiatan revolusioner yang bertentangan dengan ketentraman umum. Malahan beliau tertarik kepada perkembangan (evolusi) yang berlangsung atas dasar tradisi yang baik yang diwariskan oleh para leluhur kami. Dalam kenyataan beliau merupakan model seorang yang menyetujui "jalan tengah".

Tidaklah mengherankan bahwa sesudah saya menjadi seorang pemikir bebas dan tertarik secara khusus kepada soal-soal kemasyarakatan, saya menempuh "jalan tengah" juga dalam memecahkan segala kesulitan sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan. Saya selalu merasa bahwa tindakan-tindakan ekstrim itu bertentangan dengan tabiat umumnya kemanusiaan dan karena itu maka tindakan kompromi adalah satu-satunya jalan yang bisa menyelamatkan alam kemanusiaan.

Saya percaya bahwa organisasi kemasyarakatan harus berdasarkan kebebasan yang berdisiplin atau dengan lain perkataan, organisasi yang menghormati kebebasan dan kebijaksanaan tradisi. Kita harus memperkembangkan tradisi-tradisi itu supaya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.


MERAGUKAN TRINITAS
Tidak pula mengherankan bahwa saya dididik dalam semangat "jalan tengah" supaya menjadi "orang jalan tengah" juga. Bolehlah disebutkan bahwa saya ini adalah seorang traditionalist progressive.

Saat berusia 16 tahun, saya banyak meragukan macam-macam kepercayaan yang diajarkan oleh Gereja Katolik Roma yang "tidak akan pernah salah" itu. Saya tidak sanggup mempercayai trinitas, perpindahan korban kepada daging dan darah Yesus (transubstantiation), perantaraan yang dilakukan oleh para pendeta antara manusia dengan Allah, atau tentang tidak bisa salahnya Paus dan keefektifan kata-kata magis yang diberikan oleh para pendeta dalam gereja.

Saya tidak bisa menyembah Maria, para pendeta, patung-patung, gambar-gambar dan lain-lain. Akhirnya saya mengingkari segala apa yang pernah saya percayai dan tidak lagi mau mempedulikan soal-soal agama.

Pecahnya perang dunia ke-ll telah menyebabkan tumbuhnya kembali rasa keagamaan dalam jiwa saya. Tuhan telah membuka mata saya, dan saya berpendapat bahwa manusia memerlukan ideologi, dan memang tidak mungkin
manusia tanpa ideologi, jika manusia ingin selamat dari kehancuran.


MENEMUKAN ISLAM
Bagi saya jelas bahwa hanya agamalah yang bisa memberikan banyak ideologi kepada dunia. Hanya saja, manusia zaman sekarang ini tidak mungkin bagaimanapun mempercayai agama yang segala kepercayaan dan peribadatannya tidak bisa diterima oleh akal dan pikiran.

Selain dari itu saya yakin bahwa kemanusiaan hanya bisa dipimpin oleh suatu agama yang memberikan ajaran-ajaran yang lengkap dan sempurna, baik mengenai hidup perseorangan maupun mengenai hidup masyarakat.

Berdasarkan keyakinan itulah, saya telah mempelajari bermacam-macam agama, terutama tentang sejarah dan prinsip-prinsip quakerism (Shahibiyah), unitarianism (aliran Kristen yang tidak mempercayai Trinitas), buddism dan bahaism. Akan tetapi tidak ada satu pun di antara agama-agama tersebut yang dapat memuaskan saya secara keseluruhan.

Akhirnya saya menemukan Islam. Sebuah poster kecil dengan nama "Islamo esperantiste regardata" ditulis dalam bahasa esperanto oleh seorang Muslim bangsa inggris, Mr Ismail Colin Evans, telah membuka kuping saya untuk mendengar panggilan Tuhan Itu terjadi pada bulan Februari 1949. Kemudian saya terima lagi sebuah poster lain yang bernama "Islamo chies relegio" dari Darut Tabligil Islam, Postbox 112 Cairo disertai beberapa buku karangan Maulana Muhammad Ali.

Saya telah menemukan kenyataan bahwa islam sesuai dengan pikiran saya. Dalam Islam saya menemukan perundang-undangan yang sempurna meliputi segala persoalan hidup, yang mampu memimpin perseorangan dan masyarakat menuju kerajaan Tuhan di bumi; perundang-undangan yang cukup elastis untuk menyesuaikannya dengan kondisi modern.


AGAMA SEMPURNA
Sebagai seorang teoris tentang kebudayaan dan kemasyarakatan, saya mengagumi lembaga sosial Islam, terutama zakat, hukum bagi waris, larangan riba, larangan perang agresif, kewajiban ibadah haji dan bolehnya poligami dalam batas-batas tertentu.

Dalam semua dasar Islam tersebut terdapat jaminan untuk dapat menempuh jalan hidup yang lurus, yang tengah-tengah antara kapitalisme dan komunisme, ketentuan-ketentuan yang cermat mengenai hak penuntutan antara negara, peletakan dasar-dasar untuk mencapai keselamatan hakiki sebagaimana yang dapat diterima akal, perumusan solidaritas persaudaraan Islam dengan bermacam-macam kebangsaan, bahasa, kebudayaan, dan kelas sosialnya.

Agama ini juga meletakkan dasar-dasar hukum perkawinan. Suatu dasar yang secara mutlak tidak bertentangan dengan keadilan biologis dan fakta-fakta kemasyarakatan. Dasar hukum ini sangat berbeda dan jauh lebih baik daripada dasar perkawinan monogami yang dianut oleh bangsa-bangsa Barat.

Saya tutup pengakuan saya ini dengan memanjatkan puji pada Allah SWT yang telah menganugerahkan nikmat besar kepada saya yakni menunjuki saya ke jalan agama yang lurus.

Sumber : Nurani 235, 23 -29 Juni 2005

http://myquran.org/forum/index.php/topic,853.150.html?PHPSESSID=ubdfi8jvk3cse15blo37b55890

Tidak ada komentar:

Posting Komentar