Rabu, 09 September 2009

Kisah Orang Inggris yang Diislamkan oleh Rumi

Sufi Habibullah Lovegrove, dari abad ke-20 M, adalah orang Inggris yang diislamkan oleh Maulana Jalaluddin Rumi yang hidup pada abad ke-12 M, lewat kontak-kontak spiritual yang awalnya dalam mimpi dan kemudian dalam keadaan terjaga. Kisah keislamannya dituturkan oleh H. Lovegrove sendiri dalam salah satu surat dia kepada syaikh Maulana Syed Mohammad Zauqi Shah, yang akhirnya menjadi Syaikh dia juga, sebagai berikut:

Yang terhormat Mr. S.M. Zauqi, saudara dalam Islam,
Assalamu'alaikum,
Saya telah membaca tulisan anda tentang sufisme dalam Islamic Review dan saya sangat tertarik sekali. Saya baru saja memeluk Islam dan dituntun ke dalam Islam lewat bimbingan suara roh. Saya tertarik untuk menulis dan meminta bantuan serta bimbingan anda dari sudut pandang seorang sufi.
Pertama-tama teman roh ini menuntun saya kepada spiritualisme dan kemudian membimbing saya ke masjid, dan setelah beberapa tahun berpikir maka saya menjadi seorang muslim (1916), sejak itu saya sangat tertarik dengan hal-hal yang islami. Buku saya What is Islam? sangat terkenal ... rasanya saya ditakdirkan untuk melakukan hal-hal yang lebih besar dan saya haus akan ilmu. Saya melakukan perjalanan di atas astral (bintang-bintang) dan melakukan penyembuhan. Orang-orang melihat bentuk astral saya di samping tempat tidur pasien. Kendali roh saya telah difoto dan dikenal oleh seorang India sebagai Jalaluddin Rumi. Mr. A.G. Usman dari Kathiawar diberi pesan tentang saya dan perempuan muda di toko saya. Mr. Usman datang dari India untuk menemui saya, dan meskipun ia sama sekali asing bagi saya namun kami saling mengenal. Lewat pandangan batin saya melihat diri saya sediri bekerja untuk Islam dengan sangat baik sekali.

Jawaban Syed Mohammad Zauqi terhadap surat di atas diantaranya adalah paragraf berikut:

Bentuk astral anda yang memiliki kemiripan dengan Maulana Jalaluddin Rumi, cukup menjadi jaminan akan keaslian spiritualitas anda, karena , dalam hierarki petunjuk Ilahi, Maulana Rumi telah ditugaskan oleh otoritas-otoritas yang lebih tinggi untuk menuntun orang Barat. Ia mengambil murid-murid yang cocok dan mengikuti mereka. Segala sesuatu yang berasal dari dia adalah asli.

Habibullah Lovegrove berkata dalam surat lainnya:

Teman roh saya duduk sekat saya ketika saya sedang menulis surat ini kepada anda. Ia berkata, "anda (S>M> Zauqi) adalah seorang sahabat yang baik dan itulah sebabnya saya harus terus berkorespondensi dengan anda." Ia tidak pernah menyesatkan saya. Saya pergi menghadiri suatu pertemuan pada hari Senin. Teman saya Jalaluddin Rumi bersama saya. Ia juga terlihat oleh seorang perempuan Yahudi Nyonya Kellend namanya. Surat Nyonya Kellend terlampir, mohon dikembalikan.

Dalam surat lain Habibullah berkata bahwa ketika sedang berpidato pada suatu perkumpulan spiritual, beberapa orang melihat dua malaikat dan Jalaluddin Rumi sedang berdiri di belakangnya mengenakan jubah yang bersinar. Nyonya Kellend adalah salah seorang dari yang melihat itu. Habibullah adalah anggota beberapa perkumpulan spoiritual dan ketua atau wakil ketua sebagian di antaranya. Tapi ia disarankan oleh S.M. Zauqi Shah untuk meninggalkan prkumpulan-perkumpulan ini dan mencurahkan diri sepenuhnya pada Tuhan karena merekalah yang menjadi rintangan di jalan kemajuan spiritualnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar