Sabtu, 01 Agustus 2009

Markus Horison ”Kupilih Islam Walau Ditentang Keluarga”



Bagi penggemar sepak bola dalam negeri, nama Markus Horison pastilah sudah tidak asing lagi. Sejak dipercaya menjadi penjaga gawang Tim Merah Putih pada babak penyisihan grup Piala Asia 2007 lalu, menggantikan Jendri Pitoy, nama Markus mulai banyak dikenal di jagad sepak bola Indonesia. Meskipun waktu itu Indonesia kalah 1-0 dari Korea Selatan, dan tersingkir dari gelaran kompetisi, tapi justru sejak itu, Markus kerap dipercaya berada di bawah mistar gawang Tim Nasional Indonesia.

Markus kecil lahir di Pangkalan Brandan, Medan, 14 Maret 1981. Hobinya bermain bola membawa ia bercita-cita untuk menjadi penjaga gawang Tim Nasional Merah Putih ketika ia menjalani karir profesionalnya suatu hari nanti. Perawakannyanya yang memang lebih tinggi dari rekan-rekan sebayanya, membuat anak bungsu dari empat bersaudara ini kerap dipercaya menjadi penjaga gawang setiap kali ia bermain bola dengan kawan-kawannya.

Menekuni hobinya bermain bola dimulai saat Markus berusia 13 tahun dengan masuk ke sekolah sepak bola, Brandan Putra. Tahun 2000, Markus yang juga memiliki hobi berenang ini memulai karir profesionalnya sebagai seorang pemain bola pada Divisi II PSKB Binjai. Setahun kemudian, karirnya merambat naik dengan mulai bermain bersama klub yang berada di Divisi I, Persiraja Banda Aceh. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2003, Markus bergabung dengan klub asal tanah kelahirannya, PSMS Medan.

Bersama klub yang dijuluki ‘Ayam Kinantan’ ini, Markus sempat berpeluang menjadi kampiun pada Liga Indonesia 2007-2008, sebelum akhirnya dikalahkan oleh klub satu pulaunya, Sriwijaya FC. Seiring dengan permasalahan internal yang terjadi dalam tubuh PSMS Medan, menjelang masa dimulainya Liga Super Indonesia 2008-2009, Markus bersama dengan rekan-rekannya di PSMS seperti Mahyadi Panggabean, memutuskan untuk hijrah ke kesebelasan Persik Kediri.

Waktu ternyata mempertemukan kembali Markus dengan klub lama yang sempat lama dibelanya, PSMS Medan. Terjadinya krisis dalam tubuh Persik Kediri pada pertengahan musim Liga Super, membawa Markus kembali menjadi penjaga gawang PSMS selama putaran kedua kompetisi tertinggi sepak bola di Indonesia. Tidak seperti kepindahannya yang disertai oleh beberapa rekan-rekannya, kepulangan Markus ke PSMS kali ini hanya seorang diri.

Sejak menekuni kariernya sebagai pesepakbola profesional, sejumlah prestasi telah ditorehkannya, baik untuk level klub maupun pribadi. Bersama klubnya kala itu, PSMS Medan, Markus menjuarai turnamen ‘Piala Emas Bang Yos’ selama tiga tahun berturut-turut (2004, 2005, 2006). Bahkan pada akhir turnamen pada 2006, Markus memperoleh gelar sebagai ‘Pemain Terbaik’.

Mendapat Hidayah

Dibesarkan di keluarga yang semua anggotanya beragama Kristen, Markus yang merupakan anak dari pasangan Julius Ririhina, dan Yenny Rosmawati, banyak memperoleh gambaran mengenai agama Islam dari keluarga pihak ibu. ”Ibu saya awalnya Islam. Sejak menikah dengan ayah, Ibu berganti kepercayaan mengikuti kepercayaan ayah,” tutur pemilik nama lengkap Markus Horison Ririhina ini.

Menurut Markus, kedekatan, dan keakraban yang ia miliki dengan kerabat dari pihak ibu, membuat Markus sejak kecil sudah tidak asing lagi dengan hal-hal yang berbau Islam, seperti shalat, puasa, dan mengaji. ”Sejak duduk di sekolah dasar, saya sering menghabiskan liburan sekolah dengan berkunjung ke rumah saudara dari pihak ibu yang tinggal di Aceh. Dari situ, saya sering ikut mereka ke masjid. Tidak benar-benar masuk sih, tapi yah saya banyak memperoleh gambaran tentang Islam, dan shalat dari situ,” cerita ‘Penjaga Gawang Terbaik’ versi gelaran Liga Indonesia musim 2007-2008 yang lalu ini.

Pada tahun 2004, ketika ia berusia 25 tahun, Markus mendapatkan hidayah dari Allah SWT, dan akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam. ”Saya memutuskan untuk masuk Islam, tanpa ada paksaan dari siapapun. Jadi, ini benar-benar keinginan saya sendiri,” tuturnya. Semenjak menjadi muallaf, Markus memiliki nama lain yang lebih bernafaskan Islam, yaitu Muhammad Haris. Namun, ia lebih sering menggunakan nama aslinya, karena memang ia telah lebih dulu dikenal dengan nama Markus Horison.

Keputusan Markus untuk menjadi muallaf bukannya tanpa rintangan. Di masa-masa awal perjalanannya memeluk Islam, ayah beserta ketiga kakaknya menentang keputusan tersebut. ”Awalnya tentu mereka semua merasa keberatan. Hal tersebut wajar, dan saya sangat bisa mengerti. Tapi, pada akhirnya mereka menyadari bahwa saya sudah cukup dewasa dan bisa menentukkan jalan hidup yang saya rasa terbaik untuk saya sendiri,” ujar Markus yang setia dengan model rambut bergaya plontos ini.

Sebagai satu-satunya muslim di keluarga, membuat Markus terbiasa beribadah sendirian. Di kala bulan Ramadhan tiba, Markus biasa sahur, berbuka, menjalankan tarawih, dan merayakan lebaran Idul Fitri dan Idul Adha sendirian. ”Awalnya memang berat, tapi hal tersebut harus saya jalani,” kata Markus. Meskipun begitu, atlet yang ikut memperkuat tim Sumatera Utara pada pagelaran PON XVI di Palembang pada 2004 lalu ini, mengaku tetap senang, dan bahagia menjalaninya.

Menurutnya, dalam menjalani agama yang ia anut sebelumnya, dengan yang ia anut kini, Markus tidak menemukan adanya sebuah perbedaan yang teramat besar. ”Buat saya sebenarnya semua agama tidak terlalu berbeda. Semuanya mengajarkan kita untuk selalu ingat kepada Tuhan. Hal terpenting sebenarnya hanyalah bagaimana kita menjalankan kewajiban kita sebagai umat beragama,” lanjutnya.

Kebersamaan, dan dukungan sejak awal ia menjadi muallaf, justru diperoleh Markus dari rekan-rekannya di kesebelasan PSMS Medan yang kebanyakan beragama Islam. ”Saya sering shalat, belajar, dan bertanya hal-hal seputar Islam kepada mereka,” cerita Markus. Ramadhan pertama yang harus ia lalui pun bersamaan dengan kewajiban Markus menjalani latihan bersama dengan rekan-rekan satu klubnya. ”Haus bukan halangan, karena puasa itu kan kewajiban,” tegas Markus yang mengidolakan Rasullulah SAW ini.

Pengalamannya berpuasa pada Ramadhan pertamanya juga merupakan salah satu pengalaman paling berkesan yang ia rasakan semenjak menjadi muallaf. Pada tahun pertamanya berpuasa, ternyata ia mampu menjalankan ibadah puasa, tanpa ada bolong satu haripun.

”Rasanya saya tidak percaya bahwa saya bisa, karena pada hari-hari biasa saya termasuk orang yang paling tidak tahan lapar. Ternyata saya memang bisa, dan bahagianya saya ketika akhirnya berhasil mencapai Hari Kemenangan,” kenang Markus.

Kini, memasuki tahun keempatnya sebagai seorang muslim membuat Markus kian rajin mempelajari seluk beluk dunia Islam. Ia kerap membaca, dan mempelajari sendiri buku mengenai Islam yang ia beli untuk memperluas pengetahuan keislamannya. Buku-buku panduan shalat, dan berbagai buku bacaan doa pun sering ia beli untuk menyempurnakan ibadahnya. ”Saya biasanya membaca tulisan latinnya saja, karena memang bacaan arab saya masih kurang lancar,” akunya.

Sedikit-sedikit Markus pun belajar untuk menjalankan berbagai ibadah Sunnah seperti belajar berpuasa Senin-Kamis. Seperti juga kebanyakan umat muslim lainnya, memiliki harapan untuk dapat menginjakkan kaki di rumah Allah (menunaikan ibadah haji) hari nanti. ”Pastilah sebagai muslim saya ingin sekali bisa menjalankan ibadah umroh, ataupun haji. Selain itu, masih begitu banyak hal yang harus saya lakukan untuk menyempurnakan keislaman saya, seperti memperlancar belajar mengaji,” ujarnya. (ci2/sya/republika)

*****

Biodata

Nama lengkap : Markus Horison Ririhina
Nama Muslim : Muhammad Haris
Tempat, Tanggal lahir : Pangkalan Brandan, Medan, 14 Maret 1981
Orang Tua : Ayah = Julius Ririhina
Ibu = Yenny Rosmawati (Almh)
Anak ke : 4 (bungsu) dari empat bersaudara
Tinggi Badan : 186 cm
Berat Badan : 75 Kg
Posisi : Penjaga Gawang
Klub Sekarang : PSMS Medan
Klub remaja : Diklat PPLP Sumatra Selatan (1998-2000)

Klub profesional :
- (2000-2001) : PSL Langkat
- (2001-2002) : Persiraja Banda Aceh
- (2002-2003) : PSKB Binjai
- (2003-2008) : PSMS Medan
- (2008) : Persik Kediri
- (2008-Sekarang) : PSMS Medan

Karier di Timnas: (2007-Sekarang)
Debut Timnas : Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia di Jakarta (0-1)

Prestasi :
- 2004 : Juara Turnamen Piala Emas Bang Yos Bersama PSMS Medan
- 2005 : Juara Turnamen Piala Emas Bang Yos Bersama PSMS Medan
- 2006 : Juara Turnamen Piala Emas Bang Yos Bersama PSMS Medan
- 2006 : Pemain Terbaik Piala Emas Bang Yos
- 2007-2008 : Penjaga Gawang Terbaik versi Liga Indonesia
- 2007-2008 : Runner Up Liga Indonesia (PSMS Medan)
- 2008 : Juara Piala Kemerdekaan 2008 melawan Libya (3-1, Libya WO)
- 2008 : Runner Up Grand Royal Challenge 2008 di Myanmar (3-1).

http://islamdigest.net; http://main.man3malang.com/index.php?name=News&file=article&sid=2136

108 komentar:

  1. kenapa sih kamu mau jadi muallaf? n apakamu udah nikah?sejak kapan kamu masuk muallaf?

    BalasHapus
  2. baguslah... bekurang satu penghuni surga.
    jadi lebih lapang hehehe...

    BalasHapus
  3. setuju ama yang diatas gan

    BalasHapus
  4. surga siapa??? Tuhan loe disalib aja ga bisa menyelamatkan diri...

    BalasHapus
  5. Markus tidak menemukan adanya sebuah perbedaan yang teramat besar. ”Buat saya sebenarnya semua agama tidak terlalu berbeda.

    Mungkin markus masih belajar jadi saya masih bisa maklum. karena agama yang diridhoi Allah hanyalah Agama islam, dan sangat jauh berbeda dengan agama Kristen yang isi kitabnya sendiri banyak kontradiksi, katanya mereka pengikut yesus tapi mereka menentang perintah yesus mereka lebih menurut terhadap perintah pendeta dari pada perintah yesusnya sebagai contoh umat kristen harus memuliakan hari sabtu, tapi pada kenyataannya mereka malah memuliakan hari minggu, padalah di dalam kitab mereka sendiri mengatakan siapa yang tidak memuliakan hari sabtu maka akan mendapat ganjaran dari Tuhannya..!! itu kan udah bukti banyak penyimpangan dari kitab mereka sendiri..!!

    BalasHapus
  6. Subhanallah, well done markus!

    BalasHapus
  7. jangan jadi perfebatan gini dong,,, keyakinana tu urusn dan pilihn masing2 individu...

    BalasHapus
  8. pelajari kitab suci masing2.. nanti disana boleh dilihat kitab agama mana yg sudah ada campur tangan manusianya..
    liat jika ada ayat yg tidak konsisten atau bertentangan dengan ayat lain..
    dan kitab mana yang harus selalu di perbaharui krn banyak hal yg aneh dan menyimpang..

    BalasHapus
  9. ALLAH SWT Maha Besar dan Agung. Ia telah membukakan pintu hati si Markus.
    Islam is the best religion.

    BalasHapus
  10. agama pun km q ttp ngefans ma km........
    I LOVE MARKUS
    BY: CITRA

    BalasHapus
  11. Akhirnya markus horison pun memilih jalan terbaiknya. Selamat datang markus di jalan kebenaran. Pelajari alqur'an dan amalkan sampai akhir hidupmu. saya sebagai mantan pendeta yang sekarang sudah menjadi mualaf,senantiasa mendukungmu. Subhanalloh

    BalasHapus
  12. markus tetap imanmu dalam islam.amien.......

    BalasHapus
  13. alhamdulilah abang markus dah masuk islam.q doain agamanya kuat.amiin

    BalasHapus
  14. semoga tuhan yesus mengamouni dosa mu......
    Amin...

    BalasHapus
  15. semoga kau sampai mati jadi muslim, nggak kaya george weah murtad lagi gara gara nyallon presiden liberia, karena pemilihnya banyak yang kristen tentu berharap dengan beralih kristen supaya pemilih kristen berkubu padanya. kasihan, udah murtad kalah lagi... moga-moga bisa balik islam lagi tanpa motivasi duniawi. lah wong sahabat nabi muhhammad aja ada yang masuk kristen. Jadi kesimpulannya memang bukan pinternya muhammad mengislamkan banyak orang, tapi hidayah Allah lah yang membimbing manusia mau selamat atawa terlaknat.

    BalasHapus
  16. 1433 H adalah tahun Kebangkitan Islam, sungguh beruntung orang yang masuk Islam karena Hidayah Tuhan, semua dosa2nya yang lalu Allah SWT hapuskan, jadilah ia bayi yang suci bersih! Terima Kasih Tuhan!

    BalasHapus
  17. apapun agamanya...

    yg penting sepakbola indonesia makin yahud..

    buat ente2 yg debat gak guna..

    kelaut ajee...

    ha..ha..ha..

    I LOVE U PULL...

    BalasHapus
  18. alhamdullillah penghuni surga tambah lagi amin.........

    BalasHapus
  19. apapun agama kak Markus yang penting dia tetep jadi penjaga gawang terhebat di Indonesia....udahlah jangan jadi ngomongin SARA gak baik....buat Kak Markus semoga manjadi Muslim yang baik itu adalah pilihanmu I'M THE BIGGEST FAN OF YOU

    BalasHapus
  20. allhamdulilah....................
    semoga ka markus menjadi seorang muslim yg baik..

    BalasHapus
  21. buat saudara-saudara muslimku, ingat... lakum diinukum waliyadiin...

    BalasHapus
  22. alhmdllh...
    truskan hdupmu brsma islam..Markuss...
    jstru pnghuni surga b.tambah dg km msuk islan...
    insya allah kta psti naik haji brsama...
    amind...
    i love u markuss...

    BalasHapus
  23. komentarnya pada ngawur di atas! Yesus bukan gak bisa nyelamatin diriNYA. Yesus menyerahkan diriNYA untuk menebus dosa smua umat Manusia. Yesus adalah ALLAH SWT. Dia sehakikat dengan ALLAH. agama urusan masing2 manusia. Jd gak perlu di ributin. Islam jg agama yg baik. Semua agama itu baik, yg jahat orangnya!

    BalasHapus
  24. islam mmg jln trbaik bt bg mrkus........tebal kn iman mu...allah sll mmbmbg mu......

    BalasHapus
  25. kalo allah swt yesus lalu , bapak di surga apa ??

    sedangkan yesus sendiri bicara , aku bukan lah tuhan , cba cek lgi , cma koreksi . tpi apapun yg dipilih , biarkan dia menjalaninya . kita doakan aja

    BalasHapus
  26. Sayang sekali, cerita sepak bola dipelintir jadi debat agama, yah begitulah gaya di Indonesia. Soal Yesus Kristus atau yang juga dikenal sebagai Isa Almasih tak perlu direka-reka oleh mereka yang tak mengerti.....

    Ada banyak kesaksian tentang Isa Almasih di Al Quran yang tak pernah diungkapkan karena pemahaman bahsa Arab kebanyakan orang hanya sebagai hapalan belaka.

    Sayang, sayang.... padahal tanpa mempelajari Alkitab pun iman kepada Isa Almasih bisa didapatkan dari Al Quran yang secara jelas mengatakan beliau sebagai "kalimat Allah" dst, dst....

    Apapun pilihan Markus, tentu terserah dia dan tak perlu jadi perdebatan agama karena Yesus tak pernah datang membawa agama. Yang menyelamatkan itu adalah iman kepada Yesus Kristus, bukan semata-mata mengaku sebagai orang Kristen. Jadi Markus bisa saja selamat jika jiwa dan hatinya tetap menerima Yesus sebagai Juruselamatnya.....

    Kita doakan saja Markus Horison Ririhena

    BalasHapus
  27. Postingan yang bagus. Sebagai info juga, banklink blog ini ada di sini.
    Perkenankan kami posting info juga, barangkali ada manfaatnya.

    1. Sarang semut papua
    2. Madu alam super
    3. Name chemistry
    4. Foto jadi kartu lebaran
    5. Umroh, haji dan investasi
    6. Reklame & percetakan
    7. Privat English & sertifikat
    8. Freeware - shopping cart
    9. Freeware - mesin email
    10. Kursus gratis
    11. Iklan bonafid

    Info selengkapnya: http://sutaryo.net/promosi.htm

    BalasHapus
  28. pilih jalanmu yg benar soal prinsip dan aqidah susah untuk diperdebatkan karena soal keyakinan hikiki Selamat buat Markus telah mendapat jalan yang benar aku dukung kamu Markus

    BalasHapus
  29. Subhanallah... semoga tetap terjaga iman dan islamnya karena kedepan gangguan dan godaan akan semakin berat..

    BalasHapus
  30. Bagus ... bagus kamu bagus markus! semoga menjadi muslim yang kaffah !

    BalasHapus
  31. MANTAP MARKUS KAMU BERUNTUNG UDAH MELUK ISLAM NANTI KITA KETEMU DISURGA YA ... AMIN

    BalasHapus
  32. capede..malah ribut SARA disini...

    Udah2..mendingan doain kak markus bisa main di premier league supaya semua seneng...semua adil...

    kan keren ada wakil kita di inggris sono...entah mau main di divisi berapa gak papa lah..kalo bisa masuk arsenal atau BIG 4 lainnya...hebat deh...

    BalasHapus
  33. Maicel Rooney Muhammad25 Oktober 2010 16.37

    bagus markus kamu masuk ke islam I <3 markus. bgni markus ko bilang orang yesus itu disalip ya knp yesusu bisa mati saya lihat tuhan itu tdk mati ko ysus mati kenapaya barnggkali ajalnya ya eeeh ko mati tu yesus..........?????............!!!!!

    BalasHapus
  34. Yesus mati, Muhammad mati... apa jagonya mereka itu. mereka hanya orang populis masa lalu. orang kolot yang hidup ribuan taon lalu. masa masih klian ikuti. sdh saatnya klian bertobat. surga itu ada di depanmu tinggal kamunya mau masuk ato nggak.

    klo surga emang ada dan lo mo masuk kesana. tinggal lu pilih aja. klo mo masuk surga lakukan hal-hal yang baik menurut kemanusiaan. otomatis lu masuk surga. klo tuhan gak kasih lu masuk surga. berarti tuhan gak adil. karena tuhan katanya maha adil dan penyayang.

    ke mesjig ke gereja, sholat, berdoa gak da artinya klo lu gak berbuat baik pd manusia. klo kerjamu menghina orang, mencuri, berzinah, korupsi, membunuh orang.

    BalasHapus
  35. Kenapa ya ga semua manusia di bumi ini ISLAM semua atau kristen semua...kan damai ya.!??Yang namanya islam ga akan cape capenya dendam sama kristen..tau kenapa.MeLihat orang ke gereja persis seperti melihat Alien.Seperti di jabar(bandung).AAaah..males

    BalasHapus
  36. saudara2ku..baik yg muslim maupun yg nasrani,marilah bicara ttg. MARKUS HORISON/MUHAMMAD HARIS hanya menyangkut SEPAK BOLA,masalah keyakinannya adalah urusan pribadi yang bersangkutan,saya hanya ingin mengkomentari ttg.penampilannya dilapangan hijau..satu hal yg perlu diperbaiki Markus adalah MENTALNYA,RENDAH HATILAH..JGN MENGUMBAR KETAWA/SENYUM YG TERKESAN MENGEJEK LAWAN KLO BISA MENYELAMATKAN GAWANG,KRN BEGITU GAWANGNYA KEBOBOLAN MENTAL MARKUS LANGSUNG DROP PARAH..LIHAT SAJA PD SETIAP PERTANDINGAN..,mudah2an setelah menikah dia akan lebih bisa mengontrol emosinya..selamat ya HARIS..!!!

    BalasHapus
  37. ahhh kita boleh bertaruh pernikahan mereka bakal bertahan brp lama <5, max >10. Dasar yg pernikahan mereka ga kuat. Dasar agama ga kuat, karena wanita menukar keyakinan. Standar iman yang rendah. Kita ga pernah kekurangan contoh kasus dari orang2 ternama di negeri ini.

    BalasHapus
  38. Subhanallah...Markus..hebat loe...pintar banget bisa milih agama yang menjanjikan dapat 17 bidadari di surga. Juga halal kok kalo mau tambah istri lagi, ambil 3 lagi boleh..
    Kalo mau pingin pinter lagi memperdalam agamamu sekarang belajar saja di sini :
    http://indonesia.faithfreedom.org
    http://indonesia.faithfreedom.org/doc/

    BalasHapus
  39. Sudahlah, tak udah menghina keyakinan orang. Orang-orang Kristen pecundang, berani berkoar lewat internet. 300 tahun Majikan kalian, Kompeni, aja tidak bisa menaklukkan Nusantara untuk jadi Islam. Udah terlambat. Pancasila pasti akan diubah jdai Piagam Jakarta. Tidak ada yang bisa menghalangi. Yang bisa dilakukan hanya: MEMPERLAMBAT!

    BalasHapus
  40. seandainya saja orang2 jawa-sumatra, sampai sekarang masih beragama budha ato hindu, tentunya kita akan melihat sebuah negara bali yang bernama indonesia besar-kuat-disegani-aman-tak ada maling.
    tidak ribut dgn nama markus horison...

    BalasHapus
  41. tak kan ada lgi perdebatan ttg agama..
    skarang kita harus mempertebal iman kita masing2 utk mnuju surga yg indah..

    BalasHapus
  42. Hmm,,,
    ya jadi ketauan kan sapa yang memprovokasi,,,
    ni cuman pikiranku doang tolong di koreksi kalo salah.
    udah benar agama mayoritas di Indonesia coba kalo kayak di Thailand atau di Bosnia... sudah ada pembantaian kali ya???
    di Barat orang lagi pada mencari arti hidup sebenernya lo... (sekilas info aja)

    BalasHapus
  43. INI DUNIA SEPAK BOLA BROE!!

    ISLAM AGAMA YANG SEBENARNYA..
    ALLAH SWT ADALAH TUHAN YANG ESA
    MUHAMMAD SAW NABI AKHIRUL ZAMAN..

    PERTAHANKAN AGAMA ISLAM AMPE KIAMAT NTAR..

    ALLAHU AKBAR

    BalasHapus
  44. OMONGAN KOK GAK JELAS GINI SIH.... PARAH>>

    BalasHapus
  45. ALLAHU AKBAR_________________

    bq markus berada pada agama yang benar_________
    buktinya....
    g' ada sejarah nya Ustad msuk kristen
    tapie....
    begitu banyaknya Pendeta yang masuk islam
    tu buktinya bahwa agama yang di anut pendeta tu saaaaaaaaaalah..
    tu makanya mereka kembali ke jalan yang benar
    subhanallah.....

    BalasHapus
  46. KRISTEN FUCK YOU!!!

    BalasHapus
  47. Allhamdullilah... DiEropa ma Amerika banyak gereja mulai kehilangan jemaatnya, dan lebih memilih ISLAM. Menurut mereka konsep trinitas ga masuk logika heee2x.....
    DiBelanda banyak gereja yg dibeli oleh komunitas muslim belanda untuk disulap jadi MASJID, coz gerejanya dah ga jemaatnya alias ga LAKU....

    BalasHapus
  48. w kecewa sama markus
    asal lo tau aja islam tuh agamanya g masuk di akal karena kebanyakan motong kambing n sapi
    udah gitu yg banyak islamnya kn cuma Indonesia ,arab (negara2 yg itu2 saja)
    g kaya amerika,israel,inggris,jepang dll
    hhahaha lawan Israel aja kalah Palestina cemen g dilindungi sama Tuhannya......kalo Israel mah dilindungi :D

    BalasHapus
  49. Markus Horison ... kini menJadi Yudas Horison ..... Tuhan memberkatimu !!!!

    BalasHapus
  50. mendingan belii in tuh baju buat tuhan yesus,,
    kacian dah berapa kali natal ga pernah di kasi kadoo,,

    akan banyak markus markus lainya yg akan sadar akan jalan kebenaran dan kedamaian,,

    BalasHapus
  51. palingan nasib karirnya tidak akan jauh beda dengan muhammad ali dan mike tyson

    BalasHapus
  52. Jika MARKUS ikut merayakan hari Kelahiran Yesus dan terang itu ada di hatinya,mungkin kiper itupun akan terlihat terang dan bola itu bisa tertangkap.

    BalasHapus
  53. Kebanyakan yg murtad sih di timnas..ckck

    BalasHapus
  54. Kekalahan Timnas..jawaban atas doa2 kyai2 di pesantren2.. Seperti kalahnya Timnas terhadap Uruguay

    BalasHapus
  55. islam adalah agama benar yg lain kafir tapi kami islam tetap hargai orang2 kafir tapi lo jangan hina islam dong dasar salib bangsat

    BalasHapus
  56. kristen sok2 damai2 sok nuduh teroris padahal lo ndiri tu teroris picek matanem dancox bangsaat

    BalasHapus
  57. nddi ranek wani komen ne kriten cox kontol aboh

    BalasHapus
  58. Yesus tu disalib buat menebus dosa SELURUH umat manusia, skrg tinggal manusianya mau percaya & nrima keselamatan itu ato gak.. Klo gak mau ya uda, gak usah menghina.

    BalasHapus
  59. di salib untuk nebus dosa? kaya skenario di film2 aja, hehe..

    BalasHapus
  60. "Diberkatilah orang yg mengandalkan TUHAN, yg menaruh harapannya pd TUHAN"...."Tinggi hati mendahului kehancuran". Sudah terbukti di Stadion Abdul Jalil 26 Des lalu. Holy spirit will lead the people who has fear of God, & without HIM, u can't do anything !

    BalasHapus
  61. semoga markus tidak banyak melakukan kesalahan saat menjamu malaysia di 2nd leg :)

    BalasHapus
  62. Gw ga nyangka tuhannya kristen KEJAM amat ya, sampe rela ngorbanin anaknya ditiang salib yg katanya bisa menebus dosa seluruh manusia,
    Sama anaknya aja KEJAM apalagi ma umatnya ya?
    Ga LOGIS....

    BalasHapus
  63. bukannya kejam.,tapi itu bukti Kasih''
    Mengorbankan diriNya untuk manusia2 bejat;;
    mmng ngak logis bagi manusia, karna logika manusia terbatas, tpi Tuhan ngak terbatas ruang dan waktu apalagi logika manusia..

    BalasHapus
  64. Bah... dimane Belas Kasihnye ????
    Manusia diciptan ALLH SWT punya akal ma fikiran coyy, buat mikir mana yg benar dan mana yg ngarang. Jd dah kodratnye manusia berfikir LOGIS...
    Andai tuhan kau hidup dijaman sekarang pasti dah kena undang2 "Kekerasan Dalam Rumah Tangga keTuhanan" alias (KDRTT), TUHAN Bapak ngorbanin anaknya ditiang salib. ihh sereemmm heeeee.............

    Knape tuhan cuekin anaknya:
    “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?” Markus 15:34
    (Tuhan, tuhan, kenapa kau meninggalkan aku)?????
    ckkk... ckkk... Benar2 tuhan yg tidak ber-priKETUHAN-an.
    Apakah itu bukti kasih...???????? bingung made on

    Bicara logika dimana2 1+1+1=3 lah ini koq hasilnya 1. Klo cara berhitung kaya gini diterapin disekolahan diseluruh dunia pasti kaga bakal ada yg namanya satelit, gedung tinggi, komputer, hp, internet dll.
    Bukankah itu semua memakai ilmu perhitung dan logika alias ilmu pasti??????

    BalasHapus
  65. PREEEEEEEEEEEEEEEEEEEET BANYAK CELOTEH KALIAN SEMUA

    BalasHapus
  66. yang namanya Cinta ato Kasih butuh pengorbanan, gak hanya kata2..Klo kw mgshi n mncintai pcarmu, kw psti mw brkorban untuk dia, bgt jga Tuhan. Kalo kasih Tuhan hanya sebatas kata2, maha pengasih mha penyayang, tanpa sebuah pengorbanan, itu tdak cukup (yohanes 15:13)..
    megpa Tuhan harus berkorban?karena manusia itu tlah berdosa n khilangan kmuliaan Allah (roma 3:23). Shngga Allah hrus menebus mnusia (Yohanes 3:16)..

    Logika 1+1+1=3,,mmg harus 3..
    kalikan aja 1x1x1=1...

    BalasHapus
  67. wahai ahli kitab baca tuh perjanjian lama yang menceritakan kebejatan nabinya sendiri. masa ada incest yang ditrangkan blak2an,,,.... apa suci itu kitab?????? pikir sendiri.... di Al-Quran banyak ilmu2 yang baru bisa ditemukan setelah ribuan tahun,... baca harun yahya.com.......

    BalasHapus
  68. Yoi... tu kitab "kidung agung" harusnya dapat predikat XXX (Cabul abis) 21+ only, bahaya kalau tu kitab jatoh ditangan anak2 bisa2 makin banyak perkosaan dibawah umur. Harusnya ni kitab kena undang2 PORNOGRAFI gan wkk..wkkk...
    Pantesan banyak skandal sex digereja bahkan diVatikan

    Logika, kita bicara tambah2an (+) bukan perkalian (x)
    Tuhan Bapa + tuhan anak (yesus) + roh kudus = 3 itu jumlah tuhan kristen

    Klo 1 x 1 x 1 = 1 itu jumlah tuhannya umat ISLAM seantero jagad yang namanya ALLAH SWT, YANG TIDAK BERANAK DAN DIPERANAKAN. Alias 1 (SATU) Klo bahasa inggrisnya ONE (1)
    Klo bahasa Arabnya LAILLAHAILLAH yg artinya "Tiada Tuhan selain ALLAH SWT"
    Mudah2 ente faham gan...dan mau meneliti kembali kitab injil ente dengan AL-QURAN, bandingkanlah dengan fikiran jernih dan logika.
    Wassalam.........

    BalasHapus
  69. Wahai manusia, betapa hinanya dirimu..
    Pahamilah satu hal ini;
    Iman bukanlah perkara Logika, namun jauh melampaui logika..
    Sesuatu yang masuk akal tidak perlu dipercaya, namun justru sesuatu yang mampu melampaui akal pikiran manusia, itulah yang harus diyakini.
    Sekali lagi, iman bukan persoalan akal-akalan manusia.
    Paham!!!

    BalasHapus
  70. to: hamba allah yg mengaku manusia mulia.

    Bagaimana bisa "Sesuatu yang MASUK AKAL TIDAK PERLU DIPERCAYA ( Pantesan banyak orang kristen pada "BEGOO" dng kitab injilnya sendiri kebanyakan makan babi ma mabok kali yeee....Sengaja dibikin begoo tu ma PAUS PAULUS, makanya dihalalkan MIRAS ma BABI biar umatnya ga ada yg kritis soal injil. Mabok baeeee...Orang mabok mana mungkin bisa mikir logis) makanye jng asal telen aje tu kata2 pendeta pelajari lagi lah. Sesuatu yang MASUK AKAL koq TIDAK PERLU DIPERCAYA alias ditolak pola pikir yg aneh...
    kasian deh. xiixixiii.........

    Namun justru SESUATU YG MAMPU MELAMPAUI AKAL PIKIRAN MANUSIA, ITULAH YG HARUS DIYAKINI."
    (Klau begitu kenapa kalian tidak SEMBAH dan MENUHAN-kan Nabi Adam as aja, beliau lebih hebat diciptakan tampa ayah dan ibu sedangkan tuhan kalian yg konon katanya namanya YESUS (Isa as) hanya diciptakan tampa ayah).
    Bukankah penciptaan Adam as Melampaui akal pikiran manusia ???????????????

    BalasHapus
  71. Babi enak kale, kesian deh lo gak pernah makan babi jd menghina org mulu...
    Tuhan itu terlalu besar utk bissa dipahami dgn pikiran manusia,istilahnya mana mungkin masukin smua pasir di laut dgn satu ember kecil?? kalo Tuhan lo bisa dipahami dgn akal pikiran manusia, berarti TUhan lo gak besar donk??

    BalasHapus
  72. Hahaiiii..... berarti tuhannya kristen ga jauh beda ma pasir dan ember kecil yg kedua2nya cuman ciptaan sang pencipta
    YAITU "ALLAH SWT" (sang pembuat mahkluk, sang pembuat manusia termasuk YESUS dan sang pencipta alam raya)
    Sungguh ANALOGI yg tidak ilmiah dan DANGKAL, apakah itu yg diajarin pihak gereja dan pendeta
    WKKKKKK.WKKKKKK.........WKKKKKKKKKK

    BalasHapus
  73. gak pantas saling menghina soal agama. Argumen-argumen mengenai agama seperti ini sangat tidak penting. Semua agama sama. Jalani aja agamanya masing-masing tanpa melukai agama lain. keselamatan dan surga itu masing-masing urusannya. gak usah repot urusin orang, urus diri masing-masing.

    BalasHapus
  74. Anonim // 31 Januari 2010 21.41
    semoga tuhan yesus mengamouni dosa mu......
    Amin...

    HEHEHEH bisa mengampuni kok kenapa harus disalib ya?? ckckckck tidak masuk akal logika,

    Doktrin pengampunan dosa diatas adalah salah, maka bagaimana cara beroleh pengampunan bagi orang berdosa ?

    1. Berdoa dan memohon ampun

    “ Dan ampunilah kami akan kesalahan kami…” ( Matius 6 : 12 )

    2. Saling memaafkan.

    “ Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Baapamu yang disorga akan mengampuni kamu juga “ ( Matius 6 : 4 )

    3. Berbuat adil dalam penghakiman.

    “ Janganlah kamu menghakimi, suapaya kamu tidak dihakimi, karena dengan penghakiman yang kamu gunakan untuk menghakimi, kamu akan dihakimi…” ( Matius 7 : 1-2 )

    4. Bertobat.

    “ Orang yang berbuat dosa itu, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. Tetapi jika orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan Ku, serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, ia tidak akan mati“ (Yehezkiel 18 : 20-21 )

    BalasHapus
  75. ingat surat al-kafirun...

    lakum diinukum waliyadiin...

    Untukmu agamamu, dan untukku agamaku...

    Wallahu allam bishawab...

    BalasHapus
  76. ANJING SEMUAAAAA
    TUHAN GA ADA GOBLOOOOGGG
    MANA TUHAN???
    TARO SINI.
    PADA GOBLOGGG SEMUA ANJIIINGGG BABI BANGSAT

    BalasHapus
  77. karir n prestasi bagus Markus telah hilang pd saat dia melupakan Yesus yg satu2nya jalan keselamatan, bgitu juga Cris. Gonzales. Yesus telah meninggalkan dia... Markus n Gonzales skr bermain di persib. Markus udah kebobolan banyak gol n gonzales minim gol sperti ksulitan skali mencetak gol. di ajang AFF 2010 mrklah biang kekalahan indo n gmana mau menang krn sblm tandang ke malaysia malh bondong2 berdoa brsama di pesantren, apa hasilnya????? malahan tambah goblok.
    Mnjadi muslim prestasi smakin susah di dapat, kshn nasib lu... lagian di tingkat dunia ngk pernah dengar prestasi muslim yang mencolok. Bertobatlah n percaya pd Injil.

    BalasHapus
  78. gabung ya abang-abang dan empok-empok.....

    Kalian LUCU lho ngomong-ngomong, alih-alih bicara tentang penjaga gawang dan bola, post-post di sini sudah berubah menjadi semacam pencemaran citra salah agama.

    Kalian terlalu menjadikan hal-hal kasuistik sebagai tolak ukur kebenaran, karena prestasi umat KRISTEN mencolok lantas mereka semua masuk surga begitu? Dan prestasi umat ISLAM yang tidak terlalu mencolok lantas mereka semua masuk neraka. Ouuuuuuch PICIK sekali kalian semua.

    But well, saya tidak mau mebesar-besarkan masalah agama karena sama saja mendebatkan LEBIH DULU MANA TELUR ATAU AYAM????

    Buat bang Markus, stabilkan emosional saja ya, jangan gampang down juga jangan gampang berbangga diri. Sukses dan langgeng sama mbak Kiki Amalia

    BalasHapus
  79. Ya gini ini mental tempe bangsa Indonesia...

    Gampang diadu domba
    Sombongnya tingkat tinggi
    Sok tahu dan kolot
    Katanya beriman dan beragama kok malah mengumpat
    Apakah itu yg diajarkan agama dan nabi kalian?
    Atau memang itukah moral kalian sebenarnya?

    Pencemooh --> 100% bermental labil

    Buat yang menyarankan damai dan berpikiran lurus
    --> 100% salut saya berikan sebagai rasa hormat saya kepada Anda sekalian, negara ini MEMANG membutuhkan orang2 berpikiran TERBUKA seperti Anda...

    BalasHapus
  80. to: orang2 sombong yg mengandalkan LOGIKA

    emangnya siapa kalian, sok-sokan mau beradu logika & akal pikiran sama Tuhan?! sombongnya..

    BalasHapus
  81. berla :

    Maaf ! Markus bukan masuk Islam, tapi kembali ke Islam (sebagai agama Fitrah).......
    Jika Yesus = Allah..... ngapain pula harus mengorbankan diri hanya untuk mengampuni manusia, cukup katakan aku ampuni kalian !!! macam domba pula, khan ? dan jika percaya Yesus, semua orang Kristen masuk surga ..... hehehehe.... beruntunglah para pemerkosa, bandit, pencuri, dan pembunuh beragama kristen, mereka terjamin masuk surga karena Tuhannya telah mengorbankan dirinya..... ya khan ? ....

    kalau diyakini Allah itu satu, maka aturannya tentulah cukup satu.. artinya setiap aturan yang dikeluarkan pastilah merupakan penyempurnaan (Zabur oleh Taurat, Taurat oleh Injil, dan Injil oleh Al Qur'an)... dan auran yang terakhir (Al Quran) wajiblah tetap terpelihara sampai kiamat.... karena dengan aturan inilah (Al Quran) manusia akan dihakimi.... itulah sebabnya Allah memelihara Al Quran tetap terjaga dari pemalsuan dan penyelewengan..... ya khan ?
    Semoga terbukalah hidayah bagi saudaraku yang kristiani... sehingga mereka terselamatkan.....

    BalasHapus
  82. tu kan, masih sombong..

    BalasHapus
  83. hadeh.. ngapain sih ribut soal Yesus mati disalib?? kan pada hari yg ke3 BANGKIT..

    knapa si islam slalu rese ma kristen? mbok cari agama lain sana buat diajak debat.. bosen tau!

    BalasHapus
  84. berla :

    Intinya hanya mengingatkan bahwa Allah telah merevisi aturannya terdahulu, sebagaimana Zabur tergantikan oleh Taurat, Taurat disempurnakan oleh Injil, Injil disempurnakan oleh Al Quran. penyempurnaan ini, salah satunya karena disesuaikan dengan zaman dan kecerdasan manusia itu sendiri.......

    mengingatkan teman-teman.... untuk apa memegang aturan yang telah berlalu (Injil), sedangkan Allah telah mengeluarkan aturan Nya yang terbaru (Al Quran).... Itulah sebabnya mengapa Al Quran senantiasa terpelihara..... karena itulah aturan yang terakhir..... sehingga mestilah terpelihara sampai kiamat.....apakah kita masih mau mengingkarinya........ sebagaimana kita juga dalam kenegaraan, akan menggunakan aturan terbaru yang menggantikan aturan yang lama khan?....... mulailah berpikir dengan jernih... kami hanya sekadar membuka pemikiran anda......


    soal rese...terbalik mas.... mengapa anda rese dengan kami (Islam) sehingga segala tipu daya pun menjadi sah digunakan untuk menjaring orang Islam?.....

    BalasHapus
  85. (sy mbak, bukan mas)
    tipu daya seperti apa yg anda maksud?
    lalu soal penyempurnaan, bagaimana dgn kitab suci agama lain?

    iman & kepercayaan memang tidak untuk diperdebatkan, gak bakal slese mas.. cape de!

    BalasHapus
  86. jgn suka ngehujat kalo blm ngerasain (bales komen di atas yg memprediksi pernikahan markus-kiki brtahan bentar)

    bokap gw islam nyokap gw katolik, mereka nikah beda agama, anak2nya beda agama & gw mualaf.. kata siapa pernikahan beda agama itu haram? yg menentukan haram bukan manusia tp tuhan/allah/budha/apa sebutan agama lain. kalo memang tuhan udh menjodohkan kita sm pasangannya yg beda agama kenapa tdk, itu udh kehendak-Nya..
    buktinya pernikahan bokap-nyokap gw bsa bertahan 30th & adem ayem aja sngat toleransi.

    BalasHapus
  87. dari mana anda tau itu kehendak-Nya?
    masing2 mengajarkan untuk menikah dgn yg seiman, klo manusia tidak menaatinya brarti pilihan manusia itu sndiri kan.. karena manusia diberi akal budi, sehingga bisa menentukan pilihannya sendiri walaupun belum tentu sesuai dgn kehendak Bapa.. (alias ngeyel!)

    BalasHapus
  88. (Akhmadfaozi23@yahoo.co.id)
    subhanallah,,,aku suka yag kaya gini....boleh donk.. tak liat dari bulan agustus 2009 sampe agustus 2011 masih nyambung. gak putus2,,Ini ibarat jika ada tuhan lebih dari satu, maka kalau dirangkai pastilah tidak akan putus. ingin bukti??? kita lihat :Ada tuhan anak, pasti ada ibunya, ibu melahirkan pasti punya suami yang merupakan bapak dari anak, maka sudah harus juga bapak punya bapak lagi, bapaknya bapak pasti punya bapak lagi, bapaknya bapaknya bapak pasti punya bapak lagi, demikian ibu, maka tiidak rampung-rampung. muter kaya rante.
    Ini anggapan yang keliru tentang tri nitas. Kalau tuhan itu punya anak maka tuhan seperti manusia, butuh kawin, butuh istri, karena seperti manusia.
    Di dalam Islam, Konsep tuhan sangat jelas tidak muter2, Tuhan tidak seperti manusia (baik sifat maupun dzat-Nya).Tuhan tidak kawin, Tuhan Esa.
    Kejadian Yesus adalah bukti kekuasaan Allah yang diperlihatkan kepada manusia pada waktu itu dan sekarang. agar manusia mengakui kekuasaan Allah yang Maha Pencipta. Adam saja diciptakan tanpa ayah dan ibu, apalagi yesus???Allah lebih kuasa lagi.
    Benar kata saudaraku di atas, Al-qur'an adalah penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya, termasuk injil. Maka sudah selayaknyalah manusia mengikuti dan mengimani alqur'an, agar selamat dunia dan akhirat.
    Karena itu perintah Allah SWT, Tuhan yang menciptakan dan mengutus : Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholeh, Ibrahim, luth, Ismail, Iskhaq, Ya'kub, yusuf, Ayub, suaeb, musa, harun, yahya, isa (yesus) dan Muhammad) dan nabi-nabi yang belum disebutkan...

    BalasHapus
  89. tiap agama sudah punya kitab sucinya masing2, yg mereka ikuti dan imani..
    marilah kita hidup berdampingan tanpa saling menyakiti..

    BalasHapus
  90. Tapi perlu diketahui, bahwa Allah SWT memrintahkan umat Islam untuk mengajak umat manusia seluruhnya, agar manusia kembali kepada jalan yang benar, jalan yang diridhoi-Nya, yakni Islam, agar manusia hanya menyembah kepada Allah semata,,

    BalasHapus
  91. akhmadfaozi23@yahoo.co.id
    Engak benar wahai saudaraku, memang Allah telah berfirman dalam al-Qur'an yang artinya "Serulah manusia kejalan tuhanmu dengan cara bijak dan nasihat yang baik serta diskusi yang baik" (suratnya lupa). ini menandakan bahwa Allah menginginkan umat manusia agar mengikuti ajaran yang di bawa oleh Rasulullah Muhammad SAW, sebagai Nabi terakhir.
    Ingatlah hai manusia semua " Sungguh ajaran yang di bawa oleh semua para nabi dari zaman Nabi Adam AS sampai dengan Nabi Muhammad SAW, Semuanya sama, yakni hanya menyeru umat mausia untuk menyembah kepada Allah semata. Termasuk yesus itu sendiri, dia hanya diutus oleh Allah untuk menyeru umatnya agar tidak menyembah kecuali hanya kepada Allah. Lantas kenapa umatnya membelokan ajarannya?? sehingga ajaranya tidak murni lagi, lebih tradis lagi, tntu hal ini sangat menyesatkan mausia. yesus dianggap TUHAN, Na'udzu Billah Mindzalik" Allah lah yang lebih tahu..
    Marilah kita berfikir positif, berfikir jernih,,Insya Allah, Allah akan membukakan pintu hidayahNya kepada kita semua yang mau berfikir jernih.
    Semua agama mempuyai kepercayaab masing-masing,,itu memamng betul,, tetapi kalau kepercayaan itu salah, menyimpang, maka hal ini perlu diluruskan. Kata Allah "Inilah (islam) agama yang lurus" agama yang hanya menyembah kepada Allah sang pencipta, yang hanya kepada-Nya kita semua dikembalikan.
    Tidakkah anda lihat dikitab injil banyak sekali kontroversi?? itu menandakan bahwa injil sekarang sudah banyak campur tangan manusia.
    Yang sengaja berniat membelokan ajaran yang aslinya dengan tujuan-tujuan tertentu.
    silahkan anda baca dan fikirkan kalimat-kalimat dalam injil...pasti anda akan merasakan kejanggalan-kejangggalan disana,
    sebagai contoh "Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat (Sabtu) la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
    Kalau kita perhatikan kalimat ini...ini bukan firman tuhan,,ini hanya cerita tulisan mausia yang menulis tentang yesusk
    Kalau dalam islam, ini adalah ibarat hadits yang disandarkan kepada nabi. contoh "Dari abu Hurairah,ia berkata : adalah nabi orangnya tidak pernah marah" misal lagi "adalah Nabi kalau makan selalu membaca basmallah" dsb.
    Kalau ayat redaksinya lain.
    Kalaupun menceritakan tentang Nabi, biasanya cerita sejarah Nabi terdahulu...Wallahu a'lam"

    BalasHapus
  92. maaf ralat maksud saya pada awal kalimat "Engkau benar wahai saudaraku" trims
    akhmadfaozi....

    BalasHapus
  93. Yesus memang Tuhan, anak Allah yg turun ke dunia menjadi manusia. dikandung dari roh kudus, lahir dari perawan maria. mati disalib untuk menebus dosa seluruh manusia (saya & anda). pada hari yg ketiga bangkit!
    kalau bukan darah Yesus anak Allah, siapa lagi yg bisa menggantikan kita yg seharusnya disalib atas dosa2 kita.

    BalasHapus
  94. karya terbesar dalam hidupku
    pengorbanan-Mu yang slamatkanku
    Engkaulah harta yang tak ternilai
    yang kumiliki dan kuhargai
    Yesus Engkau kukagumi

    BalasHapus
  95. Akhmadfaozi23@yahoo.co.id
    Benar wahai shobat,,,kalian mengagumi Yesus yang mulia, kami umat islam juga sangat mengagumi beliau, mengagumi karena akhlaknya, karena amanahnya, karena kejujurannya dalam menyampaikan tugas-tugas dari Allah SWT, Dia diceritakan dalam Al-Qur’an adalah seorang yang jujur “Innahuu kaan siddiiqon nabiyya” yang artinya “Dia Yesus adalah seorang Nabi yang sangat jujur”
    Kami umat silam tidaklah sempurna imannya jika kami membenci salah satu dari Rasul Allah, maka bagi kami umat islam perrcaya bahwa yesus adalah salah satu nabi Allah.
    Inilah berita dari Allah tentang Yesus Damai bersamanya dalam Surat Maryam : Ayat 16 – 36 berikut;
    16. Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,
    17. maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami[901] kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.
    18. Maryam berkata: "Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa."
    19. Ia (jibril) berkata: "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci."
    20. Maryam berkata: "Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!"
    21. Jibril berkata: "Demikianlah." Tuhanmu berfirman: "Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan."
    22. Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.
    23. Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan."
    24. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.
    25. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,
    26. maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini."
    27. Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.
    28. Hai saudara perempuan Harun[902], ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina",
    (Penjelas nomor [902]. Maryam dipanggil saudara perempuan Harun, karena ia seorang wanita yang shaleh seperti keshalehan Nabi Harun a.s.)
    29. maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?"
    30. Berkata Isa (Yesus): "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,
    31. dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
    32. dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
    33. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali."
    34. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.
    35. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.
    36. Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahIah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.

    BalasHapus
  96. Akhmadfaozi,,,,,
    Wahai saudaraku, ini adalah berita yang benar dari Allah tentang Yesus,, janganlah kalian terjerumus oleh Syaetan yag menyesatkan,,,
    Allah Tuhan Kita semua, yang Esa, yang hanya kepaNya kita semua diperintahkan untuk menyembah.
    “ Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus” (Al-Bayyinah :5).
    Tidak layak bagi kita mengatakan “Allah itu mempunyai anak” sungguh tidak patut,,,Maha suci Allah dari perkataan-perkataan semacam itu.
    Wahai shobat, hentikanlah ucapan bahwa Allah itu tiga,,,hentikan,,sebab apa ??ini perintah Allah, Tuhan kita,,
    Kata Allah “Janganlah kalian mengucapkan Allah itu Tiga, hentikanlah, itu lebih baik jika kalian mengetahui”
    Allah sendiri yang menyuruh,,,Kenapa kalian mengatakannya??????????????
    inilah perlunya diskusi tentang agama,,agar kita tahu mana agama yang benar,,yang harus kita ikuti,,karena mengikuti kebenaran adalah perintah Allah.

    BalasHapus
  97. debat truus.. PERCUMA!!
    diskusi atau adu argumen seperti ini tidak ada gunanya, toh juga tidak akan menggoyahkan iman masing2 kan??? yg ada hanya emosi dan sakit hati.

    Islam dan Kristen tetap pd keyakinannya masing2, jadilah umat yg baik dengan melakukan perbuatan2 yg baik!

    diri sendiri aja blm bener, gak perlulah mengurusin orang lain..

    BalasHapus
  98. oke bos..........

    BalasHapus
  99. Kenapa kalah Ahmad.......?dah ngga punya argumen lagi ya??? dibentak gitu aja mlempem, kaya kerupuk kena hujan......!!!!!

    BalasHapus
  100. Alloh SWT melarang Agama Islam menghina Agama Lain, (Q.S. Al-An'am:108)
    Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.(Q.S. Al-An'am 108).

    SEBAB TURUNNYA AYAT: Abdurrazzaq telah mengatakan, "Mu'ammar menceritakan kepada kami melalui Qatadah. Qatadah telah bercerita, bahwa dahulu orang-orang muslim sering memaki berhala-berhala orang-orang kafir, pada akhirnya orang-orang kafir balas memaki Allah, kemudian Allah swt. menurunkan firman-Nya, 'Dan janganlah kamu memaki sesembahan-sesembahan yang mereka sembah selain Allah...'"

    By.Alfadh Albarokah Perfume Medan

    BalasHapus
  101. iMMANUEL SAID :

    hahahaha.....Yesus Tuhan.... Anak Allah ?....Bukankah Yesus itu Allah sendiri (dalam pandangan Kristen..trinitas)....Yesus adalah Tuhan, Allah yang bisa kita salib... bahagialah jadi orang yahudi...satu-satunya kaum yang bukan saja mampu membunuh para nabi terdahulu, bahkan allah (tuhan Kristen)pun mampu disalib, dan tak berdaya..... cocok ndak ya... bergantung pada tuhan yang cuma mampu berteriak :"Elie elie lama sabktani.... dan tergantung lunglai.... OGAH AH !!! KITA TAK KAN MENYEMBAH TUHAN YANG SELEMAH ITU....

    BalasHapus
  102. iMMANUAEL SAID :

    KALAU Tuhan pernah jadi manusia.... maka tiap hari, atau bulan atau tahun.... Tuhan yang pernah menjadi manusia ini...akan memperlihatkan dirinya di langit.... supaya manusia tetap ingat... bahwa akulah tuhanmu...yang patut kau sembah... tapi kemanakah tuhan yang jadi manusia ini sekarang ?.... bahkan patungnya (di Ohio) pun berani petir menyambar dan membakarnya.... apakah tidak ada umat kristen yang bisa berpikir ???? kecuali para pendeta yang telah kembali ke Islam ??? atau kita tunggu mereka semua menjadi pendeta.... pendeta yang masih bisa berpikir, bukan sekadar mencari makan.... semoga....

    BalasHapus
  103. diskusi dan argumen2 seperti ini ada gunanya, dgn mendengar suara lembut hati nurani sebagai wasit, tanpa nafsu & dengki, tanpa fanatisme buta, sy telah konvert ke Islam . Saksikanlah Ya TUHAN ..

    BalasHapus
  104. akhmadfaozi.....
    sukron katsiron akhii,,,Allah menyaksikan itu,,,semoga anda benar2 muslim sejati,,amin,,
    Diskusi adalah perintah Allah dalam rangka kebenaran. Kata Allah "Ajaklah manusia kembali kepada jalan Tuhanmu (Allah)dg hikmah,nasihat yang baik dan diskusi yang baik..."Kita tidak menjelekkan agama mereka,,,Kita meluruskan pandangan mereka agar mau kembali ke jalan Allah SWT.

    BalasHapus
  105. Smoga komentar anda2 terkabul oleh Tuhan,,

    BalasHapus
  106. Semakin kita merasa benar semakin egoislah kita,semakin mencari Tuhan semakin banyak pula cobaannya. Emang sudah pernah pada ketemu yang namanya Tuhan/Allah swt ya? Tuhan/Allah swt itu kan hanya sebutan,Dia tidak jauh kok dari urat leher kita.Barangsiapa mengerti sifat dirinya maka dia akan mengenal sifat TuhanNya.Sejauh yang saya lihat umat Islam Indonesia ini banyak yang fanatik.Jadilah pelaut seperti saya maka kalian akan bertemu dengan berbagai macam ras,suku,agama,dan budaya biar otak itu tidak mati

    BalasHapus